Nikmati Keindahan Padang Pasir di Jogja, Hanya di Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo adalah salah satu tempat wisata yang seru dan banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun luar negeri. Tempat ini menyimpan berbagai keunikan dan keindahan tersendiri dan membutuhkan waktu yang lama untuk membentuk gumuk pasir yang sangat luas. Selain karena keunikan tersebut, gumuk pasir ini menjadi gumuk pasir terbesar yang berada dikawasan Asia Tenggara. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah ulasan singkat tentang gumuk Pasir yang berada di Parangkusumo.

Lokasi dan Rute Menuju Gumuk Pasir

Destinasi wisata ini berada di Jl Parangkusumo, desa Parangtritis, Kretek Bantul Yogyakarta. Adapun waktu tempuh yang dibutuhkan untuk menuju tempat tersebut adalah sekitar satu hingga satu setengah jam jika anda tidak bertemu dengan kemacetan. Untuk rute  perjalananya, anda bisa mengikuti jalan Parangtritis hingga menjumpai TRP atau loket masuk pantai Parangtritis. Namun sebelum  memasuki TPR, anda bisa belok kanan ke arah pantai Depok dan melewati TRP pantai tersebut. Namun untuk menuju gumuk Pasir, sebelum memasuki pantai Depok, silahkan ambil arah kiri ke pantai Parangritis.

Harga Tiket Masuk Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo

Dalam rute perjalanan menuju  Gumuk Pasir Parangkusumo diatas, sebelum memasuki kawasan gumuk pasir, anda akan menemui TPR pantai Depok. Nah dengan begitu, biaya retribusi atau harga tiket masuk gumuk pasir ini sudah termasuk dalam biaya retribusi pantai Depok sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya kembali. Untuk biaya retribusi pantai Depok ini, anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 untuk pantai Depok dan sekitarnya. Untuk waktu berkunjung, Tempat wisata ini bisa anda nikmati mulai dari pukul 06.00 hingga 19.00 sehingga anda bisa memilih waktu yang tepat diantara rentan waktu tersebut.

Aktivitas di Gumuk Pasir Parangkusumo

Dari beberapa negara yang memiliki gumuk pasir, satu-satunya tempat yang dapat digunakan untuk melakukan selancar atau sandboarding hanyalah gumuk pasir dinegara kita ini. hal itu diebabkan karena gundukan pasir yang dimiliki oleh parangkusumo ini mencapai ketinggian sekitar 5 hingga 15 meter sehingga sangat cocok digunakan sebagai tempat berselancar. oleh karenanya, kita patut berbangga diri dengan anugerah Tuhan  tersebut.

Untuk menikmati wahana tersebut, anda bisa menyewa papan selancar pasir dengan biaya Rp 100.000 tanpa batasan waktu sehingga anda bisa bermain sepuas hati anda. biaya tersebut sudah termasuk dengan pemandu yang akan mendampingi anda dan mengajarkan bagaimana berselancar yang baik dan benar, yang pasti dalam melakukan hal tersebut, anda harus berhati-hati karena medan yang dilalui sangat licin. Namun jika anda ingin lebih menghemat pengeluaran, anda bisa membawa papan selancar sendiri dari rumah sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya sewa.

Selain berselancar diatas pasir, salah satu hal wajib yang tidak boleh ditinggalkan adalah berburu spot foto menarik. Dengan berlatarkan padang pasir yang sangat luas, anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mengabadikan momen berlibur anda. di tempat ini juga sudah tersedia beberapa spot foto yang unik seperti pohon kaktus, ayunan, rangkain bunga berbentuk hati dan lain sebagainya.

Selain beberapa spot foto tersebut, masih dikawasan wisata ini anda juga bisa menemukan kebun bunga matahari yang tumbuh diatas pasir. Hal ini tentu sangat cocok sebagai latar belakang foto liburan anda. Tidak hanya digunakan untuk mengabadikan momen liburan saja, tempat ini juga sering digunakan untuk momen foto prewedding, pemotretan iklan, dan pengambilan video untuk berbagai kebutuhan.

Nah untuk itu, jika anda berkunjung ke pantai Parangtritis dan sekitarnya, jangan lupa untuk mengunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo ini. selain menikmati berbagai keindahan dan keunikanya, anda juga bisa lebih menghemat biaya berlibur karena anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Selamat berwisata!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *