Berwisata Air di Air Terjun Lepo Bantul Yogyakarta

Air Terjun Lepo merupakan salah satu air terjun yang ada di Kabupaten Bantul. Air terjun yang satu ini memiliki karakteristik seperti air terjun yang sangat terkenal di negara Thailand yaitu Erewa Falls. Air terjun lepo juga sering disebut dengan Air terjun Ledok Pokoh yang masih alami dan menjadi tempat wisata terbaru di Bantul Yogyakarta. Untuk itu anda juga menjadi salah wisatawan yang harus menikmati keindahan air terjun yang satu ini.

Aktivitas Di  Air Terjun Lepo

Air Terjun Lepo

Air Terjun Lepo

Awalnya air terjun ini dikelola oleh warga setempat dengan penataan yang sangat baik menggunakan batu-batu disekitar air terjun. Batu-batu tersebut berfungsi untuk mempermudah pengunjung yang ingin naik atau turun dari satu  tingkat ke tingkatan lainya. pada tingkatan pertama, air terjun ini memiliki ketinggian sedang dengan kolam yang memiliki kedalaman sekitar setengah meter.  Setiap wisatawan dapat menikmati keindahan alam sekitar dengan duduk d sekitar kolam sambil merendam kaki dan berpose untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal. Warga sekitar atau pengelola air terjun ini sering menyebutnya dengan sebutan curug.

Selain itu tempat ini juga sangat aman untuk digunakan sebagai tempat bermain anak. Karena air ini dikelilingi dengan tebing batu kapur yang bertekstur unik, anda akan berasa seperti berada di kolam milik pribadi tanpa adanya gangguan orang lain. Curug dilokasi ini juga tidak dalam sehingga dasar kolam akan terlihat dengan jelas dan menampilkan keindahan yang alami.  Dengan airnya yang masih jernih dipadukan dengan batuan kapur yang unik, tentu akan memberikan  keunikan tersendiri bagi setiap penikmatnya.

Jika pada tingkatan pertama aman bagi anak-anak, untuk tingkatan kedua ini anda bisa  berenang dan bermain air untuk orang dewasa. Namun anda juga perlu berhati-hati karena pada tingkatan kedua ini memiliki tekstur lantai yang licin. Untuk menuju tingkatan ini juga perlu berhati-hati karena jalanan yang berbatu dan curam pada sisi air terjun. Ditempat ini biasanya para wisatawan menikmatinya dengan berenang atau menyewa pelampung untuk mengapung diatas permukaan air.

Pada tingkatan terbawah air terjun lepo, biasanya digunakan untuk tempat berenang orang dewasa karena memiliki kedalaman sekitar 2 meter. Kolam ini juga terlihat lebih curam dibandingkan dengan dua tingkatan sebelumnya. Jika berkunjung ke tempat ini, anda akan ditantang untuk melalui jalan yang berliku, tanjakan, dan juga  turunan khas perbukitan. Hal ini tentu akan memberikan kenangan tersendiri bagi setiap pengunjungnya.

Rute menuju Air Terjun Lepo

Mengingat tempat wisata ini tergolong baru, maka tentunya belum banyak rambu yang memandu atau mengarahkan wisatawan menuju air terjun ini. namun unuk hal tersebut, anda tidak perlu khawatir karena  warga setempat akan dengan senang hati memberikan petunjuk  jalan hingga tempat tujuan. Untuk rute perjalananya, jika anda memulai perjalanan dari kota Yogyakarta, anda bisa menuju terminal Giwangan kemudian menyusuri jalan Imogiri Timur hingga menemui pasar Dlingo.

Tidak jauh dari pasar tersebut, anda akan menemukan dusun Pokoh 1. Nah bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa menitipkan kendaraan anda pada  tempat yang sudah disediakan. Untuk selanjutnya anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju objek wisata tersebut. nah peru anda ketahui, meskipun tempat ini belum sepenuhnya dikelola dengan baik, namun tempat parkir dirumah warga dan jalan setapak sudah bisa digunakan dengan aman.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Lepo

Seperti kita ketahui, tempat wisata ini memang baru saja dibuka dan populer dikalangan masyarakat Bantul. Hal ini tentu memberikan keuntungan bagi kita karena tempat ini belum memberikan harga untuk tiket masuk kawasan wisata ini sehingga anda akan terbebas dari biaya masuk. Dengan begitu, ini juga sangat cocok bagi anda yang ingin melakukan perjalanan wisata dengan biaya yang terjangkau. Untuk berwisata ditempat  ini, anda hanya perlu mengeluarkan biaya parkir sebesar RP 2.000 untuk kendaraan bermotor dan RP 10.000 untuk kendaraan mobil.

Nah dengan informasi air terjun Lepo tersebut, anda bisa berwisata dengan persiapan yang lebih matang. Tunggu apalagi? Bukan hanya gunung kidul dan kita Yogyakarta, Bantul saat ini juga memberikan tempat wisata yang menarik untuk setiap pengunjungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *